BERSALAH! Saya mengakui dengan semengakui-mengakuinya bahwa saya telah menjadi mamah yang kebablasan kasih youtube ke anaknya, sehingga bayik kecil lucu nya terlalu doyan nonton youtube di tab nya. Oleh karena itu mamah yang merasa bersalah ini berusaha kasih bayiknya mainan-mainan lain buat pengalih perhatian. Contohnya: Busy bag dari El-hana

Amora – 2,5 tahun. Film favorit saat ini: Peppa Pig. Lagu favorit saat ini: Soundtrack Frozen.

Yah, begitulah saudara-saudara. Jadi beberapa bulan yang lalu, menurut saya Amora sudah kebanyakan Tab. Sedikit-sedikit tab. Sedikit-sedikit minta nonton video. Padahal awalnya sih, buat pengalih perhatian kalau saya lagi masak, bersih-bersih, atau banyak kerjaan. Biar dia nggak lari-larian atau ngeberantak gitu. Eh, jadinya malah kedoyanan. Pas makan minta nonton, pas mau bobok minta nonton.

Nah, saya nya juga malas kalau disuruh bikin-bikin mainan yang gimana-gimana gitu sering-sering -bukan mama teladan-, apalagi kalau seringnya habis dibikinin mainan-mainan sama Amora dianggurin :’D atau dihancurin. Yah, emak baper deh pokoknya, padahal kan namanya bayik ya, hampir dipastikan mainan akan berakhir menjadi berkeping-keping, atau utuh tak tersentuh.

Akhirnya saya scroll scroll instagram nya mamah mamah yang teladan-teladan. Rata-rata pada bikin sendiri mainan ala Montessori buat anak-anaknya. Eh lalu lalu, saya nemu ada busy bag yang sudah sepaket, yang sudah dibikinin tinggal mainin! Oh Tuhan, saya terharu! Terima kasih telah menciptakan hal-hal begini buat mamah pemalas macam saya :’)

Jadi penyedia aneka mainan edukatif ini namanya El-Hana. Di situs nya, ada ratuuusan mainan anak yang edukatif dan melatih anak-anak secara sensorik, motorik, dan lain lainnya. Saya sih langsung nyoba yang Busy Bag aja. Kenapa? Soalnya dia sudah sepaket isinya banyak banget jenis permainan. Ada 6 jenis permainan yang cocok dimainin anak umur 2-6 tahun. Nah, berhubung mau memperkenalkan Amora sama mainan beginian, saya beliin dia El-hana First Busy Bag. Ini penampakannya:

elhana busybag primipuspita 2

elhana busybag primipuspita 1

elhana busybag primipuspita 3

Nah, 6 permainannya ini ada
1. sorting ABC : mencocokkan huruf besar dg huruf kecil pada sorting mat
2. stick shaping : menyusun stik warna sesuai pola pada kartu
3. matching card : mencocokkan gambar buah yg sama
4. sorting color and shape : mengelompokkan keping geometri berdasarkan warna dan bentuk
5. counting : menghitung gambar pada kartu kemudian menjawab dg cara dijepit dg jepit kayu
6. caterpillar : menyusun kancing sesuai pola kartu caterpillar

Dari 6 permainan ini, yang Amora suka maininnya cuma yang Stick shaping, Sorting color an shape, sama caterpillar doang dong :’D Yang lainnya sih memang dia belum hapal bentuk abjad ya, dia tahu namanya A-Z tapi yang dia hapal bentuknya cuma W. Terus untuk angka dia hapal 1-10 tapi dia baru paham konsep banyaknya benda baru 1 sama 2 biji doang. Hahahaha. Yaudah sih ya,, masih 2,5 tahun ini juga, saya nggak mau maksa. Ini kan permainannya sampai umru 6 tahun :’) Terus untuk jepitan kayu, dia nggak kuat mencetnya ibuk ibuk, hahahahahaa!

Tapi Alhamdulillah, permainan ini cukup mengurangi ketakutan Amora sama kancing. Iya, ibuk-ibuk, Amora dong kemarin sempat takut kancing, dia trauma gara-gara pas mau mandi bajunya saya lepas dia kena kancingnya, terus sakit gitu. Tapi sekarang lebih mendingan, sudah mulai mau paai baju kancing lagi yang kemarin sempat ditolak mentah-mentah.

Untuk yang Stick Shaping, Amora nggak mau ngikutin bentuk yang di kartunya sih, dia malah sibuk suruh mamahnya bikin ini itu, “Mah, bikin rumah, maaaah!” “Mah, bikin boat, mamaaaaah!” Begitu juga dengan caterpillar nya, Amora belum pernah selesaikan satu gambar tuntas ditempelin kancing sekaligus, a little bit of here, dan a little bit of there. Terus minta dikasih tepuk tangan setiap dia sukses nempel kancing di buletan ulat yang warnanya sama :’D

Alhasil, ini busy bag cukup membuat bayik saya -yang susah konsen dan mudah sekali bosan atau ter-distract- menjadi sibuk untuk beberapa menit. Tapiiiii, mamahnya juga ikut sibuk ibuk-ibuk, jadi mungkin ada beberapa balita yang bisa ditinggal main sendiri dan keep being busy pakai Busy Bags ini, kalau Amora malah minta ditemenin mainnya. Mamah ikut partisipasi main juga. Bagus! Tapi, ya itu, saya nggak bisa berangkat masak :’D