Ooooh My God, ini piyik kecil sudah waktunya PAUD aja! PAUD stands for Pendidikan Anak Usia Dini. Kalau istilah saya jaman kecil dulu: dititipin Mamah ke TK dekat rumah biar nggak ribut minta sekolah melulu. Terus dicariin playgroup.

Jadi perburuan ini sudah dimulai dari lama, sekitar berbulan-bulan yang lalu saat Amora baru umur 2 tahunan. Googling sana sini, nanya teman-teman yang anaknya sudah PAUD, riset sana sini. Alhasil kebanyakan dapat info nya dari teman-teman sih, di internet minim sekali review tentang PAUD yang ada di Malang. Mungkin PAUD ini kali ya, paling satu sama lain belum terlalu signifikan bedanya, jadi mamah-mamah di Malang nggak terlalu pengen untuk sharing di internet. Yah, moga-moga cerita ini bisa menambah perbendaharaan sharing sekolah PAUD di Malang deh ya ūüėÄ

Awal cari, saya sebenarnya sudah menetapkan pengen naruh Amora di PAUD dekat rumah di daerah Giri Palma. Dengan pertimbangan selain dekat, dasar PAUD nya ngajarin agama Islam juga, terus ada kolam renangnya. Hohoho. Terus, waktu antar Amora main ke rumah Nenek Adam -a.k.a tetangga sebelah- dan ketemu tetangga-tetangga yang anaknya seumuran sama Amora, rekomendasinya bergeser. Konon katanya, si bapak yang punya yayasan PAUD ini suka datangin rumah wali murid kalau dirasa ada yang nggak pas. Bagus dong? Hnggg… Saya kurang tahu sih, tapi katanya lebih ke terlalu intervensif sama terlalu nosy untuk ukuran anak se PAUD. I mean, anak PAUD mah main aja gitu, kalau salah-salah dikit belajarnya ya nggak apa-apa karena tujuan PAUD ini kalau buat saya biar Amora main sama teman sebaya, dan ngenalin konsep sekolah aja. Jadi saya skip dulu pilihan yang ini.

Kalau tetangga-tetangga daerah sini, rekomendasikannya PAUD Al-Hikmah di daerah Bukit Cemara Tidar, masih lumayan dekat lah dari rumah. Basic ajarannya Islam, mainannya juga banyak sih di halamannya. Kalau lihat blognya, kegiatannya cukup lumayan, sering diajak outing juga. Bahasa pengantarnya bahasa Indonesia dan kurikulumnya pakai kurikulum nasional plus pakai metode SENTRA gitu katanya. Belom paham juga sik metode Sentra ini metode apa. Biaya masuknya sekitar 1 juta sekian dengan SPP sekitar 130ribu sebulan. Lumayan murah ini. Masuknya seminggu 3x dan jam masuknya jam 07.30-9.30 atau jam10 gitu. Dang. Ini masalah. Amora masih susah banget diajak bangun pagi. Ya gimana nggak, tidurnya aja paling cepet jam 22.30. Padahal itu udah dipaksa lho -_-

Terus sempat juga pas baca-baca review blog -yang jumlahnya sangat sedikit itu-, ada masukan sekolah See Me Grow di Jl. Buring yang menarik hati. Dia kurikulumnya mix antara kurikulum Indonesia dan Australia. After school activity nya buanyak, mulai dari menyanyi, dance, sampai mengaji. Dia ada daycare nya juga sih buat ibu-ibu yang anaknya harus lebih lama di sekolah. Outingnya juga sering. Bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Terutamanya, saya seneng waktu saya hubungi mereka via facebook, respon nya luar biasah, saya langsung ditelepon dan dikasih penjelasan komplit. Biaya masuknya sekitar 3jutaan kalau nggak salah, dan SPP nya sekitar 400 apa 600 gitu, saya lupa, neleponnya sudah lamaaa banget. Awkeeei,,, ternyata SPP anak playgroup jaman sekarang lebih mahal dari SPP kuliah emaknya dulu. Jauh.

Terus, direkomendasikan sama Riffa, temen dekat saya waktu kuliah, ada Smart Kids di J. Wilis, sayangnya kalau di google saya cuman nemu foursquare nya. Jadi anak Riffa di sini, setelah dulu sempat di Lovely Bee – MOG. Kata Riffa, di sini perkembangan anak sangat terperhatikan. Dan progress anaknya bagus setelah sekolah di sini. Biaya masuk dan SPP nggak jauh beda sama See Me Grow.

Terus ada Sekolah Alam Ar-Rayyan yang cukup jauh dari rumah saya, tempatnya di daerah Cengger Ayam. Dari websitenya dan konsepnya sebenernya sangat menarik, tapi sebelum saya tanya biaya dkk, kayanya kejauhan deh. Nanti aja kalau sudah TK kali ya.

Terus Lovely Bee MOG! Ini tempatnya di mall ibu-ibu. Di MOG. Jam masuknya asyik sekali: start jam 10 tergantung jadwal masing-masing kelas. Pengantarnya bahasa Inggris, dan banyak mainnya. Kurikulumnya Cambridge katanya, dia ini salah satu bagian dari sekolah My Little Island. Anyways, See Me Grow tadi ternyata juga punyanya salah satu pendiri yayasannya My Little Island, jadi kayaknya konsep dasarnya ngga terlalu berbeda. Cuma kalau di Lovely Bee ini kelasnya seminggu cuma 2 x dan per sesinya singkat padat 45 menit aja. Biayanya untuk yang kelas Tiny Bee (umur 2-3 tahun) masuknya 100ribu, membershipnya 400.000 per tahun, bulanannya 275.000 per bulan.

Lalu rencana sekolahin Amora di-pending. Waktu itu lagi menyelaraskan sama papahnya Amora, apa tujuan Amora sekolah PAUD ini. Plus berbagai masukan dari teman-teman seangkatan di grup WA SMA bahwasanya: “udaaah gausah buru-buru disekolahin, ajak aja maen dulu, masih sekucrit ini, kesian…” Juga dikasih tips penting dari yang anaknya udah pada sekoah, kalau cari PAUD pertimbangannya nggak usah mbulet-mbulet, tetapkan aja apa tujuan kita nyekolahin ini bayik, terus dibikin skala prioritas. Usahakan ikut trial dulu katanya, biar tahu anaknya kerasan nggak di calon sekolahnya, dan kita juga tahu kita sreg apa nggak sama ini sekolah.

Duh, ini mau masuk PAUD aja banyak banget pertimbangannya, gimana ntar mau masuk SD yak.


 

Akhirnya setelah sekian lama, wacana Amora sekolah keluar lagi dan dipertimbangkan lagi. Tujuannya cuma ngenalin Amora ke lingkungan baru which is konsep sekolah dan teman-teman. Sama main doang. Saya dan papahnya nggak ada masang target atau apa -busetdeh, lagian bayik apa yang mau ditargetin sih sekolahnya- yang penting Amora ada interaksi selain sama orang dekat dia, jadi dia lebih berani, dan dia seneng. Sudah itu saja.

Dan kali ini saya cuma hubungin 2 sekolah aja, Al-Hikmah dan Lovely Bee MOG. Alasannya, Al-Hikmah lebih karena sekolahnya dekat rumah dan basicnya sekolah Islam. Kalau Lovely Bee MOG soalnya jamnya lebih masuk di schedule keluarga kami yang ngga morning person – morning person amat, terus biayanya juga masuk untuk hitungan bayik, terus pengantarnya bahasa Inggris. Kenapa musti bahasa Inggris? Soalnya biar Amora transisinya nggak bingung. Jadi selama ini sedikit banyak dia bahasanya di rumah bahasa Inggris sama Indonesia. Kalau yang dasar-dasar kayak warna, angka, alfabet, dkk dia tahunya bahasa Inggrisnya -_- jadi harapan saya kalau PAUD nya bahasanya dasarnya bahasa Inggris campur Indonesia, dia nggak kaget-kaget amat dan pada akhirnya bahasanya dua-duanya masuk.

Akhirnya kita jadwalkan trial di dua sekolah ini. Daaaan, yang berhasil ikut trial akhirnya Lovely Bee doang. Yang Al-Hikmah gagal trial karena beberapa kali jamnya kelewat. Yang Amora masih bobok lah, yang emaknya masih ribet pagi-pagi lah, yang Amora bangun pagi terus cranky lah. Okeh, saya belum berhasil jadi emak-emak-pagi. PR nih :,)

Setelah trial di Lovely Bee MOG, hasilnya anaknya sukak! Dia mau sekolah lagi, dan dia ceritain terus sekolahnya. Selama trial Amora nya juga nyambung sama teacher nya dan walaupun masih malu-malu dan waspada -terutama kalau ada wali murid bapak bapak-, Amora mau berinteraksi sama teachernya, dan sedikit sama temannya. Jam sesinya yang cuma 45 menit juga bikin Amora belum sempat bosen di tengah-tengah kelas. Jadi seneng-seneng aja gitu dia. Yasudahlah, fix. Pertemuan berikutnya, Amora langsung registrasi jadi anak Lovely Bee MOG kelas Tiny Bee.

Ini dia Amora nya:

Amora at Lovely Bee MOG Amora at Lovely Bee MOG Amora at Lovely Bee MOG Amora at Lovely Bee MOG Amora at Lovely Bee MOG

Nah, kalau ada yang nemu sekolah lain di Malang, boleh komen yaa.. biar info sekolahnya makin lengkap! Atau ada yang punya review tentang sekolah di atas juga boleh bangeeet!