2016-01-13 19.32.51

2016-01-13 17.27.07

 

Jadi beberapa waktu lalu, Pak Adam, tetangga sebelah rumah yang baik hati, memberi saya sekerat besar labu kuning. Habis panen katanya. Biasanya sih dulu saya suka bikin-bikin cake dari labu, atau cookies cookies gitu. Tapi mengingat tiada asisten yang membantu, keburu males bawaannya. Akhirnya si labu ngendon di kulkas berhari-hari.

Akhirnya, kemarin saya berhasil mengalahkan setan yang ada di pantat saya -yang nyuruh duduk diam melulu- dan brought my tepos ass to the kitchen. Yay!

Halangan 1: Dari dulu saya belum pernah bikin pie. Karena malas ribet. Baca resepnya kayaknya kok ribet gitu step nya banyak sekali. Tapi pengen banget bikin pie. I mean… ah masak iya nggak bisa bikin pie. Jadi kemarin browsing di HP resep kulit pie yang simple dan nemu! Benar-benar simple saya sampai terharu.

Halangan 2: Panci besar dan kukusan saya semuanya bocor. Cuma tersisa dua panci mungil yang bisa dipakai di dapur saya. Cih, dapur macam apa itu? Eh, tapi saringan dan tutup dandang nya saya coba taruh di atas panci mungil, siapa tahu bisa. Eh, ternyata bisa, walaupun maksa karena saringan dan tutupnya rada offside kebesaran untuk si panci yang imut kecil. Yasudah sih, kita coba saja, kalau nggak matang ya direbus saja nanti labunya, kata saya dalam hati. Halangan kukusan terlampaui.

Halangan 3: Nggak punya loyang pie dan malas keluarin oven seng kompor yang hobi bantatin hasil baking saya itu. Nggak apa-apa, nggak apa-apa… Kita bikin pakai penggorengan saja dan nggak usah pakai loyang pie. Nah lho, gimana jadinya? Pie macam apa ini? Hohoho…

Nah, sekarang mari kita mulai! Ini resepnya yang saya modifikasi sesuai keadaan dapur dari sekian banyak resep pumpkin pie yang saya baca di internet.

 

RESEP DEEP FRIED PUMPKIN PIE!

Bahan:

Kulit Pie

– 2 Cup tepung terigu

– 2/3 cup margarin

– 1/2 sdt garam

– 4 sdm air es

Isian

– labu kuning kukus 1/4 buah

– gula 2 sdm

– garam sejumput

– cocoa powder 2 sdm

(kira-kira jadi 18 pieces)

Langkah:

Kulit Pie

– masukkan terigu dan margarin, lalu kacaukan dengan pisau pastry, atau kalau saya sih pakai pisau kecil dan garpu, sampai membentuk butiran-butiran.

– masukkan air sesendok demi sesendok sambil campur adonan dengan tangan.

– bentuk adonan jadi bulat dan bagi dua.

– giling masing-masing adonan di permukaan yang sudah ditaburi tepung, jangan lupa taburi tepung di gilingannya juga.

– cetak bulat-bulat (saya pakai takaran beras nya rice cooker nyetaknya)

 

Isian:

– lumat labu kukus pakai sendok/garpu/ potato masher

– campurkan gula, garam, dan cocoa powder

LALU…

– masukkan sedikit isian ke tengah kulit pie.

– lipat kulit pie yg sudah berisi menjadi setengah lingkaran

– satukan ujung kulit pie dengan dipencet2 menggunakan jari, lalu penyet dengan ujung garpu seperti pastel.

– goreng di minyak panas sampai sedikit kecoklatan.

 

JADIIIII!

 

Inilah Deep Fried Pumpkin Pie… or should we call it: Pumpkin Pie Pemalas 😀 😀

Rasanya enak! Mungkin isian pumpkinnya bisa lebih dimodif lagi, dan instead of pakai cocoa powder sekalian aja pakai meses atau choco chip gitu, karena ini nggak berasa coklatnya. Dan kalau ada cinnamon powder sepertinya bakal jauh lebih ajib!

Si bayik Amora doyan nih, kulitnya doang. Waktu bagian kena isiannya disuapin ke saya :,) ahaha!

Ah… akhirnya bikin kue-kuean lagi setelah berbulan-bulan cuma pengen doang 😀

Selamat mencoba teman-teman… tag saya yaa hasilnya kalau sudah mencoba 🙂